Sabtu, 26 November 2016

Pengertian Windows,Linux,Symbian OS, dan Mac OS

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan sistem antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
Contoh : DOS, windows 95, windows NT, windows 98, windows 2000, windows xp, windows vista dan windows 7.
 Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, Linus Torvalds, yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan lengkap software, yang bersama-sama dengan 
 kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.
Contoh : Ubuntu, fedora, debian, pclinuxos.
 
Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s. Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. 
Contoh : Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, v9.1s, OS v9.2s.
 
Mac OS adalah sistem operasi yang digunakan pada komputer Macintosh. Mac OS telah digunakan sejak komputer Macintosh pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Apple pada tahun 1984. Setelah itu, Mac OS terus dirilis dengan nama seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Mac OS merupakan sistem operasi yang sangat terkenal karena kemudahan penggunaannya. Pada akhirnya, Apple memutuskan untuk merombak total sistem operasi ini. Pada bulan Maret 2001 Apple memperkenalkan sistem operasi hasil rombakannya dengan nama Mac OS X. Tidak seperti versi sebelumnya, Mac OS X dikembangkan berdasarkan kernel Unix dengan beberapa fitur tambahan.
Contoh : Mac OS X 10.5, Mac OS X 10.6 dan Mac OS X 10.7
 
 

1 komentar:

  1. What's Happening I am new to this, I stumbled upon this I've found It positively helpful and it has helped me out loads. I hope to contribute & aid other customers like it helped me. Good job. Anchor: The Ninja Guide To How To Lock Files Better.

    BalasHapus