Minggu, 06 November 2016

TUTORIAL MEMBUAT RAK SEPATU MENGGUNAKAN BLENDER

Langkah Pertama
Ini adalah layar tampilan setelah kita membuka software blender . Awal kita membuat suatu objek .

Langkah kedua
Kita menarik sumbu sumbu Y dengan cara menekan “ S di barengin dengan Y “ , setelah menekan tombol yang di maksud , kemudian tariklah sesuai dengan keinginan anda sendiri .

Langkah ketiga
Setelah kita menarik di sumbu Y , kita juga menarik di sumbu Z , dengan cara gak jauh berbeda dengan menarik sumbu Y , yaitu dengan cara “ S di barengin dengan Z “ . Tampilannya seperti gambar yang ada diatas .

Langkah keempat
Kemudian kita harus menghapus bagian-bagian yang kita anggap tidak terlalu perlu , dengan cara “ tab object tersebut sampe ketemu edit mode kemudian fase select yg ada di bawah terus klik kanan pilih bagian yang akan di hapus kemudian klik X pilih vertices “ . Hasilnya terlihat pada gambar di atas .

Langkah kelima
Pada langkah ini , kita memilih sudut untuk menggabungkan garis-garis agar bisa menjadi alasnya dengan cara “ pilih edge select kemudian klik ctr + r terus tentukan di titik mana kita akan membuat 2 titik itu menjadi satu dan menjadi alas “. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas .

Langkah keenam
Langkah ini adalah lanjutan dari langkah kelima yaitu memberika efek berisi pada object yang kita buat , dengan cara “ pilih object modifiers kemudian pilih menu add modifiers pilih solidify “ .

Langkah ketujuh
Dan ini adalah hasil dari langkah keenam tadi . Object yang kita buat tadi mengalami perubahan dari sisi bentuk yang sedikit membesar .

Langkah kedelapan
Ini adalah hasil jadi object yang kita buat dan kita akan memberi warna pada object tersebut , dengan cara “ pilih menu material pada menu yang berada di sebelah kanan dari object tersebut , kita pilih warna yang kita inginkan , disini saya mengunakan warna coklat “ .


Langkah kesembilan
Ini adalah langkah terakhir dari object yang kita buat yaitu rak sepatu . Hasil jadi seperti ini kita biasa mengklik pilihan menu “ render image atau klik f12 “ .
PENJELASAN FITUR-FITUR YANG ADA PADA BLENDER
Bagian ini adalah fungsi fitur yang ada pada blender , yaitu:
1. Menu
Pada menu terdapat :
a)    File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain
b)   Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D
c)    Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender
d)   Game berguna untuk memulai scripting program game
e)   Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
f)    Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
2. View Port
Pada View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam berbagai macam sudut dan dapat mengatur letak dan kamera serta sebagainya
3. Tool Button
a)    Translate Manipulator Mode
b)   Mempunyai simbol segitiga merah
c)    Pengunaanya bisa dengan menekan Ctrl Alt G
d)   Kegunaannya adalah untuk mengambil objek
e)   Rotate Manipulator Mode
f)    Mempunyai simbol lingkaran hijau
g)   Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt R
h)   Kegunaannya untuk merotasi objek
i)     Scale Manipulator Mode
j)    Mempunyai simbol persegi biru
k)   Pengunaan bisa dengan menekan Ctrl Alt S
l)     Kegunaannya untuk memperbesar atau memperkecil objek
m)  Transform Orientation
n)    digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi
  • o)    Rotating / Scalling Pivot
p)   Mempunyai simbol titik hitam beserta tanda panah,
q)    Pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point
r)    Dan setelah kita mengulas blender secara singkat maka saya akan mengungkapkan keungulan dari Blender 3D
s)    Keunggulan Blender 3D
  1. Tampilan dan pengunaan yang mudah dipahami dan tertata rapi.
  2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,rendering, compositing, post production dan game creation.
  3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.
  4. Blender 3D dapat digunakan pada semua system operasi baik windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  5. Kualitas arsitektur 3D dengan berkualitas yang tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
  6. Mempunyai forum dan komunitas yang dapat membantu kita untuk menyelesaikan project yang di buat.
  7. File yang berukuran kecil.
  8. Terlebih lagi Free atau gratis.
TOOLS PADA BLENDER
Setelah kita membahas tentang penjelasan blender dan sekarang kita masuk pada pembahasan toolsnya. Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
1. Modeling
Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D
2. UV Mapping
Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing
Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.
4. Rigging
Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning
Adalah pemberian skin pada objek/ model

6. Animasi
Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle
Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model.
Dan untuk simulasi tedapat:
a)    Scripting
b)   Rendering
c)    Compositing
d)   Post production
e)   Game creation.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar