Sabtu, 05 November 2016

Tips untuk menjaga kesehatan bibir agar tetap cerah

Selain melakukan beberapa cara memerahkan bibir diatas, anda juga perlu untuk menjaga kesehatan bibir anda agar tetap cerah dan tidak kembali berwarna gelap atau kusam. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan bibir anda:

1. Jangan sering menjilat bibir dengan lidah


hindari kebiasaan menjilat bibir
Image: youqueen.com
Sekilas air liur yang menempel pada lidah pada saat anda menjilat bibir Anda akan membuat bibir anda tampak basah, tetapi hal ini hanya bersifat sementara. Jika sudah kering, air liur justru akan membuat bibir anda lebih mudah kering dan pecah-pecah.

2. Hindari merokok

Kandungan zat dalam rokok dapat membuat bibir anda berkerut dan berubah warna menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak merokok.

3. Jaga bibir anda dari terik matahari

Sinar matahari yang terik dapat membuat bibir anda cepat kering dan kusam. Oleh karena itu, anda dapat memakai lip balm dengan SPF 15 untuk melindungi bibir anda.
Namun, anda perlu cermat dalam membeli produk lip balm. Pastikan bahwa produk tersebut bebas dari bahan kimia berbahaya seperti mercury.

4. Minum air putih dalam jumlah yang cukup


meminum air yang cukup
Image: sdhealthyliving.com
Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas atau setara 1.5 liter sehari agar tubuh anda terjaga dari dehidrasi atau kekurangan cairan yang ditandai dengan bibir yang kering.

5. Jangan gunakan lipstick terlalu sering

Untuk kegiatan harian anda, disarankan untuk tidak memakai lipstick terlalu sering dalam jangka waktu yang lama. Anda lebih disarankan untuk menggunakan lip balm.
Namun, apabila pekerjaan dan kondisi menuntut anda untuk memakai lipstick setiap harinya, pilih produk lipstick yang aman dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Selain itu, pilih lipstick yang memiliki kandungan air dan kelembaban yang tinggi serta vitamin E yang akan membantu menjaga kesehatan bibir anda.

6. Tingkatkan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Selain mengaplikasikan bahan-bahan alami pada bibir, anda juga tetap harus mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin E untuk menjaga kulit anda termasuk kulit bibir anda agar tetap sehat dan cerah.

7. Jaga bibir anda selalu lembab


jaga bibir anda selalu lembab
Image: www.stylecraze.com
Setelah anda seharian menggunakan lipstick, pastikan anda membersihkannya hingga tidak ada lagi lipstick yang menempel. Setelah itu, oleskan madu atau minyak zaitun untuk menjaga kelembaban bibir anda.

8. Hindari makanan yang terlalu pedas dan asin

Makanan yang terlalu pedas dan asin dapat membuat bibir anda kering, meradang dan mudah pecah-pecah. Oleh karena itu, lebih baik anda memilih makanan yang tidak memiliki tingkat kepedasan dan keasinan yang terlalu ekstrim.

9. Tidak dianjurkan untuk makan dan minum pada suhu yang terlalu panas

Makanan dan minuman yang terlalu panas dapat membakar bibir anda sehingga warna kulit bibir akan berubah menjadi gelap. Oleh karena itu, pastikan makanan atau minuman anda berada pada suhu yang dapat anda nikmati dengan nyaman.
Demikian beberapa cara memerahkan bibir dan tips cara menjaga kesehatannya. Dapatkan bibir cantik yang menawan sesuai yang anda inginkan secara sehat dan alami.

sumber :


0 komentar:

Posting Komentar